Selasa, 19 April 2016

Microcontroller

Definisi Microcontroller
Microcontroller (μC/UC/MCU) merupakan sebuah komputer kecil yang berada di dalam sebuah sirkuit terpadu yang berisi inti prosesor , memori, dan diprogram input / output peripheral. Memori program dalam bentuk flash NOR atau ROM OTP juga sering disertakan pada chip ini, serta biasanya sejumlah kecil RAM. Microcontroller dirancang untuk aplikasi embedded, kontras dengan mikroprosesor yang digunakan dalam komputer pribadi atau aplikasi tujuan umum lainnya. Mikcocontroller digunakan dalam produk dan alat yang dikendalikan secara otomatis, seperti sistem kontrol mesin, mesin kantor, peralatan rumah tangga, alat berat, dan mainan. Dengan mengurangi ukuran, biaya, dan konsumsi tenaga dibandingkan dengan mendesain menggunakan mikroprosesor memori, dan alat input output yang terpisah, kehadiran mikrokontroler membuat kontrol elektrik untuk berbagai proses menjadi lebih ekonomis

Bagian Microcontroller
Seperti yang telah dijelaskan di atas mengenai susunan dari mikrokomputer, berikut adalah Sistem mikrokomputer yang terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi sama penting.

1. CPU atau Mikroprosesor

Mikroprosesor berfungsi sebagai unit pengolah utama (CPU). Unit ini terdiri dari sebuah kalkulator dan unit pengontrol (CU). Unit kalkulator dari mikroprosesor terdiri dari register atau daftar (sebuah memori sementara yang cepat dan kecil), ALU, register status (menunjukkan keadaan sesaat dari perhitungan) dan sebuah pengkode. Dapat dilihat pada gambar 2 di bawah ini, yang merupakan gambar dari mikroprosesor.



2. Memori Utama (Main Memory)

Dalam memory utama pada mikrokomputer terdiri dari dua macam yang dapat dilihat pada gambar 3 di bawah ini.



a. RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan unit memori yang dapat dibaca ataupun ditulisi. Data dalam RAM bersifat volatile (akan hilang bila power mati). RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yaitu data yang tidak begitu penting (tidak masalah bila hilang akibat aliran daya listrik terputus). Ada dua macam RAM yaitu RAM statik dan RAM dinamik. RAM statik adalah flipflop yang terdiri dari komponen seperti resistor, transistor, dioda dan sebagainya. Setiap 1 bit informasi tersimpan hingga sel “dialamatkan” dan “ditulis-hapuskan”. Keuntungan dari RAM statik adalah akses atau jalan masuk yang bebas ke setiap tempat penyimpanan yang diinginkan, karena itu kecepatan masuk ke dalam memori terhitung relatif tinggi. RAM dinamik menyimpan bit informasi sebagai muatan. Sel memori elementer dibuat dari kapasistansi gerbang-substrat transistor MOS. Keuntungan RAM dinamik adalah sel-sel memori yang lebih kecil sehingga memerlukan tempat yang sempit, sehingga kapasistas RAM dinamik menjadi lebih besar dibanding RAM statik. Kerugiannya adalah bertambahnya kerumitan pada papan memori, karena diperlukannya rangkaian untuk proses penyegaran (refresh). Proses penyegaran untuk kapasitor ini dilakukan setiap 1 atau 2 mili detik. Gambar di bawah ini merupakan salah satu contoh jenis RAM.


b. ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan memori yang hanya dapat dibaca seperti kepanjangannya yaitu Read Only Memory. Data tidak akan terhapus meskipun aliran listrik terputus dan ROM termasuk ke dalam sifat non-volatile. Karena sifatnya, program-program disimpan dalam ROM. Beberapa tipe ROM:
ROM Murni : yaitu ROM yang sudah diprogram oleh pabrik atau dapat juga program yang diminta untuk diprogramkan ke ROM oleh pabrik.
PROM (Programmable Random Access Memory) : ROM jenis ini dapat diprogram sendiri akan tetapi hanya sekali pakai (tidak dapat diprogram ulang).
EPROM (Erasable Programmable Random Access Memory) : yaitu jenis ROM yang dapat diprogram dan diprogram ulang.



c. Input/Output (I/O) Devices

Piranti Input/Output (I/O interface) dibutuhkan untuk menghubungkan piranti di luar sistem. I/O dapat menerima atau memberi data dari atau ke mikroprosesor. Untuk menghubungkan antara I/O interface dengan mikroprosesor dibutuhkan piranti address. Dua macam I/O interface yang dipakai yaitu: serial dan paralel. Piranti serial (UART/universal asynchronous receiver-transmitter) merupakan pengirim-penerima tunggal (tak serempak). UART mengubah masukan serial menjadi keluaran paralel dan mengubah masukan paralel menjadi keluaran serial. PIO (paralel input output) merupakan pengirim-penerima serempak. PIO dapat diprogram dan menyediakan perantara masukan dan keluaran dasar untuk data paralel 8 bit.

Sumber :
https://marwanramdhany.wordpress.com/2012/12/07/apa-itu-microcontroller/
bdh-corp.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-apa-itu-microcontroller.html
https://end4su.wordpress.com/2009/06/18/mikrokomputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar