Sabtu, 27 Juni 2015

Tugas Akhir Softskill : Pengantar Teknologi Game


Assalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Pada postingan kali ini saya membuat tugas yang di berikan oleh dosen matakuliah softskill saya, yaitu Pak Khalid Ahmad untuk memenuhi tugas softskill terakhir pada semester ini . Dimana saya diberikan 3 pertanyaan mengenai perkuliahan pada semester 6 ini, berikut pertanyaan dan jawaban dari saya.

1. Apa yang kamu lakukan selama satu semester ini ?

Pada semester ini saya mengalami kesibukan yang lebih dari semester lalu, melihat bahwa sudah berada di semester 6 memang selayaknya akan lebih banyak matakuliah yang tentunya lebih sulit dan lebih banyak memberikan tugas. Praktikum pada semester ini cukup banyak, dan praktikum pada semester ini tidak mudah, karena ada 2 praktikum yang mengharuskan mahasiswanya untuk membuat suatu project pada akhir pertemuan dan project tersebut harus melalui proses sidang untuk dinyatakan lulus dari mata praktikum tersebut. Kedengarannya memang ribet dan menyulitkan mahasiswa apalagi dilihat dari bobot nilai yang didapat hanya 20% yang di ambil dari nilai praktikum tersebut karena prakitkum ini hanya penunjang pada matakuliah pokoknya. Namun disisi lain pembuatan project ini dapat melatih mahasiswa dalam hal pelatihan untuk pembuatan penulisan ilmiah dan juga skripsi, mahasiswa dapat belajar bagaimana proses penulisan yang benar yaitu mulai dari tatap muka dengan pembimbing, revisi penulisan bab per bab sampai pembuatan project itu sendiri.

Hal yang sangat di sayangkan ialah pembuatan project pada prakitkum ini dilakukan dalam jangka waktu yang sama pula dengan penulisan ilmiah (PI) yang justru sangat penting melihat bobot sks yang besar pada penulisan ilmiah dan deadline yang sangat dini yaitu 11 juli. Banyak mahasiswa yang kewalahan dalam mengerjakan penulisan ilmiah termasuk saya, karena banyaknya project dan tugas yang harus dikerjakan membuat banyak mahasiswa yang skip pada project peraktikum dan memfokuskan pada penulisan ilmiah. Penulisan ilmiah ini bisa dikatakan seperti skripsi untuk jenjang D3, ya membingungkan bukan? Mahasiswa yang mendaftar ke perkuliahan jenjang S1 tetap harus melakukan proses skripsi untuk jenjang D3. Banyak mahasiswa yang berfikir bahwa ini suatu beban bagi mereka karena mereka harus mengerjakan 2 skripsi yaitu untuk jenjang D3 dan S1. Universitas Gunadarma tidak seperti Universitas lainnya yang mana pada universitas lain hanya melakukan 1 kali skripsi dan adanya magang. Tapi jika kita lihat sisi baiknya, penulisan ilmiah ini jika kita berhasil melaluinya maka kita dapat memiliki gambaran untuk mengerjakan skripsi untuk S1 nanti, kita akan merasa terbiasa dan tidak stress dalam menjalani semester akhir nanti, karena penulisan ilmiah hampir sama dengan skripsi bedanya penulisan ilmiah hanya mencangkup 4 bab saja namun proses sidang dan lain-lainnya hampir sama dengan skripsi.

Untuk tugas softkill pada semester ini, Pak Khalid Ahmad memberikan sebuah project dimana mahasiswa harus membuat sebuah game RPG. Beruntungnya pak Khalid memberikan keringanan pada kelas kami dimana game ini di buat bukan perorangan ataupun kelompok melainkan satu kelas jadi kami bisa mengerjakannya dengan membagi-bagi tugas maka tugas ini tidak terlalu berat. 

Melihat semester ini belum usai saya belum bisa menceritakan secara lengkap, namun pada waktu dekat ini yaitu mulai tanggal 6 juli, ujian utama akan di selenggarakan dimana saya akan menjalani ujin 3 matakuliah. Setelah ujian utama selesai baru akan di lakukan ujian akhir semester. Semoga penulisan ilmiah saya dapat di acc oleh DP dan semoga ujian utama dan ujian akhir semester saya dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan Amiin...


2. Apa saja kendala yang di temui selama satu semester ini?

Jika bicara mengenai kendala tentu saya disetiap semester pasti ada kendala yang saya alami. Namun pada semester ini mungkin kendala yang saya alami cukup banyak melihat dari banyaknya tugas, project dan penulisan ilmiah. Kendala pertama ialah pada project praktikum, seperti yang sudah saya jelaskan pada pertanyaan nomer 1 tadi, ada 2 praktikum yang mengharuskan mahasiswa membuat project untuk disidangkan agar dapat lulus dari praktikum. Kendala yang saya alami pertama adalah jarak kampus yang sekarang bertambah jauh, awalnya saya berfikir saya memilih kampus cabang kalimalang karena lebih dekat dibanding cabang depok melihat rumah saya yang berada di jakarta timur, rawamangun. Namun ternyata pada semester 6 ternyata perkuliahan tidak lagi di kalimalang melainkan di kampus J3 yaitu daerah yang hampir dekat dengan daerah tambun. Jarak yang jauh ini membuat saya sering datang terlambat pada saat praktikum dan membuat saya sering sakit dan tidak masuk. Namun saya selalu berusaha untuk menyelesaikan project praktikum ini , pada project Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) saya berhasil menyelesaikan project dan berhasil lulus sidang, dimana dalam satu kelas saya hanya ada 5 orang yang berhasil menyelesaikan project, sedangkan yang lainnya tidak melanjutkan. Namun pada project Grafik Komputer 2 saya tidak melanjutkan project karena saya memilih untuk lebih fokus pada penulisan ilmiah begitupun mahasiswa sekelas saya.

Kendala kedua yaitu tentu saja pada penulisan ilmiah, kendalanya adalah ide, kenapa ide? Karena pada penulisan ilmiah ini kita harus membuat suatu project dimana project ini belum ada yang buat, dan dalam pembuatannya kita harus selalu memeriksa keavailable-an judul yang kita buat dengan melihat referensi pada library penulisan ilmiah di website kampus. Disinilah banyak judul yang tidak di acc oleh dosen pembimbing, termasuk saya. Saya mengajukan 2 judul, yang pertama gagal, namun yang kedua diterima. Tapi tidak sesimpel itu, walau judul saya diterima belum tentu project yang ingin saya buat sesuai dengan apa yang saya pikirkan, karena saat judul di acc, dosen pembimbing menginginkan beberapa perubahan pada project saya dimana saya harus memutar otak dan berpikir untuk membuat project yang dosen pembimbing saya inginkan. Kendalanya tidak berhenti disitu, kendala selanjtunya ialah dimaan dosen pembimbing saya mengambil cuti sekitar 3 bulan, disitu kadang saya merasa sedih, dimana teman-teman saya sudah mengerjakan bab 2 sedangkan saya dengan teman-teman yang satu dosen pembimbing dengan saya masih pada bab 1 yang belum ada revisi. Mengingat deadline acc penulisan ilmiah sebenter lagi membuat saya kewalahan dalam mengejar penulisan dan pembuatan project, semoga penulisan ilmiah saya bisa terselesaikan tepat waktu, karena jika tidak saya harus mengambil mata kuliah penulisan ilmiah tahun depan, semoga saja tidak terjadi amiin...


3.Apa yang bisa atau kamu lakukan kedepannya ?

Pada pertanyaan ke-3 ini menurut saya adalah pertanyaan yang memotivasi saya. Untuk kedepannya saya ingin selalu memperkuat mental saya agar tidak mudah putus asa dalam setiap kegagalan yang saya alami, dan saya berfikir untuk berolahraga lebih giat agar saya tidak mudah sakit karena kesehatan adalah hal penting, karena jika sakit perkuliahan saya akan terhambat. Kemudian saya akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dimana hanya Allah tempat kita meminta pertolongan. Saya ingin perkuliahan atau kegiatan saya di dunia seimbang dengan keimanan dalam beragama agar kehidupan saya bisa berjalan lebih baik lagi. Dan saya berharap penulisan ilmiah, ujian utama, ujian akhir semester bisa berjalan dengan lancar begitu pula dengan perkuliahan semester 7 mendatang dan juga semester 8 bisa berjalan dengan lancar Amiin..

Dalam bulan yang penuh berkah ini yaitu bulan Ramadhan saya mengucapkan minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin. Mohon maaf bila ada salah-salah kata dalam tulisan diatas, sesungguhnya kesalahan datangnya dari manusia dan segala kebenaran datangnya dari Allah SWT.

Wassalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh